Thursday, October 14, 2010

Bulan Sabit Merah,Lambang Kedokteran kita....


simbol atau lambang bukanlah hal sepele,ia memiliki arti yang luas, ia memilki sejarah, dan simbol adalah lambang sebuah perjuangan, bisa jadi ia adalah sebuah ajaran. dalam dunia medis atau kesehatan sudah lama kita dijauhkan dengan simbol-simbol yang melambangkan Islam, kita lebih dicekcoki dengan simbol-simbol kejayaan Yunani dan simbol-simbol agama lain. padahal perlu kita membuka mata bahwa kedokteran Islam juga pernah berjaya bahkan menjadi rujukan kedokteran di seluruh dunia termasuk Eropa yang saat itu masih jauh tertinggal dan masih tenggelam dalam pengobatan yang berbau mistik dan perdukunan.

lambang Bulan Sabit sendiri sudah dipakai sejak Zaman Rasulullah, setiap pasukan memiliki lambang tersendiri dan salah satu pasukan beliau memakai lambang bulan sabit, begitu juga Khalifah Umar ibnu Khattab memakai lambang bulan sabit sebagai simbol penyebaran ajaran Islam. Pada masa perang salib pun sejumlah Muslimah memakai lambang bulan sabit untuk membantu korban perang.
lambang Bulan Sabit Merah( red Crescent) memiliki akar sejarah yang panjang. lambang ini erat dengan sejarah perjuangan para pendahulu kaum Muslimin dalam menegakkan Kalimatllah melalui lembaga kemanusian dam sosial.

Di dunia internasional , lambang bulan sabit merah dipakai beberapa negara antara lain Afganistan, Algeria, Azerbaijan, Bahrain, Bangladesh, Brunai Darussalam, Comoros, Croatia, Djibouti, Mesir, Iran, Irak, Jordan, Kazakhtan, Kirghizistan, Kuwait,Libanon, Libya, Malaysia, Mauritania, Maroko, Pakistan, Palestina, Qatar, Sahara(west),Saudi Arabia, Somalia, Sudan, Suriah, Tadzjikistan, Tunisia, Turkmenistan, Turki, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, dan Yaman. Indonesia sendiri yang Mayoritas Muslim lebih memilih memakai lambang Palang baik sebagai lambang kemanusiaan dan di instansi2 kesehatan.

Sebagai tenaga Medis yang nota benenya kita adalah Muslim sudah saatnya dari sekarang kita mulai mengenalkan lambang Bulan Sabit Merah sebagai lambang kedokteran, kesehatan, lambang di Rumah sakit, balai pengobatan, klinik dan segala yang bergerak dalam bidang kesehatan . sudah saatnya kita kembalikan kejayaan kedokteran Islam yang dulu pernah berjaya dan bahkan jadi rujukan Eropa. Upaya mengembangkan dan mengenalkan lamabang Bulan sabit Merah adalah bagian dakwah kita dan semoga . Bangkilah Ibnu Sina-ibnu sina baru, dokter-dokter Muslim.....mari kita menyongsong kejayaan kedokteran Islam Kembali...


sumber : Kedokteran Islam DR. Ja'far Khadem Yamani.

2 comments:

  1. seharusnya Indonesia menggunakan Bulan sabit Merah Bukan Palang merah. karena indonesia penduduknya mayoritas Islam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete