Friday, October 15, 2010

Al-Kindi, Bapak Kedokteran Mata.....


namanya adalah Abu Yusuf Yaqub ibnu Ishaq ibnu Sabbah ibnu Imran ibnu Ismail al-As'ats ibnu Qais al-Kindi, beliau terlahir adri suku Kindah Arab Syamiyah, ayahnya seorang amir kota Kufah, Al-Ash'ats ibnu Qais leluhur dari abu yusuf adalah seorang sahabat Rasulullah.
Abu Yusuf lahir di kota Kufah pada tahun 185 H dan wafat pada tahun 252 H. Ia adalah seorang fisuf, Tabib, ahli perbintangan, ahli ilmu eksak, juga seorang ahli kimia.
ia telah menulis lebih kurang 256 bah kitab, antara lain : kitab filsafat 22 buah, limu bintang 16 buah, aljabar ilmu hisab 11 buah, ilmu ukur 32 buah, ilmu kedokteran 22 buah, ilmu pengetahuan alam 11 buah, ilmu musik 7 buah, ilmu jiwa 5 buah, ilmu mantiq 9 buah.

dalam kitab kedokterannya yang terkenal adalah tentang pengobatan mata. salah satu kitabnya yang diterjemahkan ke dalam bahasa latin adalah "De Aspectibus". ia juga menyusun metode kedokteran berdasarkan ilmu hisab. kitab terjemahannya berjudl " Medicarum Compacitarum Gradibus". dalam kitabnya pun Abu Yusf menerangkan perihal meracik obat-obatan, memilih bahan makanan, cara penyembuhan berbagai jenis penyakit seperti penyakit hati, empedu, perut, dan lainnya.

sumber : Buku kedokteran Islam karya DR. Ja'far Khadem Yamani

1 comment: