Saturday, December 4, 2010

NAVIGASI


NAVIGASI
MATERI BULAN SABIT MERAH REMAJA

DEFENISI
Navigasi adalah penentuan posisi dan arah perjalanan baik di medan perjalanan maupun di peta. Navigasi terdiri dari navigasi laut, sungai, pantai dan darat, namun yang sering dipakai adalah navigasi darat.
Navigasi berguna untuk memudahkan melakukan perjalanan dan menentukan arah, menghindarkan dari kemungkinan tersesat di tengah hutan.
ALAT-ALAT NAVIGASI TERDIRI DARI
1. KOMPAS adalah alat untk menentukan arah mata angin berdasarkan sifat magnetic kutub bumi. Arah mata angin utama yang bisa ditentukan adalah N (north/ utara), S (South/ Selatan), E (east/Timur), dan W (west/barat), serta arah mata angin lainnya yaitu NE (North East/timur laut), SE(south East/tenggara), SW(south west/barat daya) dan NW ( north west/barat laut). Jenis kompas yang umum digunakan adalah kompas sylva, kompas orientasi dan kompas bidik/prisma.
Bagian –bagian kompas
• Base plate
• Straight edge and ruler
• Direction of travel arrow
• Compass housing with 360 degree markings
• North label
• Index line
• Orienting arrow
Magnetic needle (north end is red)



Cara menggunakan kompas

a. Buka kompas dan dirikan tutupnya tegak lurus
b. Tarik prisma kea rah pengamat
c. Masukkan ruas dari ibu jari ke cincin ibu jari, sedangkan jari telunjuk menekan kotak kompas.
d. Baca sudut yang ditunjuk melalui lubang prisma. Angka yang dibaca adalah yang berskala 0-360 derajat.

Penerapan peta kompas
Orientasi medan
Orientasi medan bertujuan untuk menentukan secara garis besar tempat kita berada, sehingga kita dapat meletakkan peta dengan arah yang benar. Dengan cara menunjuk arah utara sehingga posisi peta sesuai dengan posisi tempat kita berada.

Resection yaitu suatu cara untuk mencari ata menentukan posisi kita di dalam peta.
Caranya :
- Lakukan orientasi medan atau orientasi peta
- Pilih dua tanda alam yang dikenal
- Bidikkan kompas ke tanda alam yang sudah kita kenal
- Catat sudutnya
- Ambil back azimuthnya (<180 derajat ditambahkan 180 derajat, jika > 180 derajat dikurangi 180 derajat)
- Proyeksikan dan perpanjang garis-garis back azimuth tersebut, perpotongan garis-garis tersebut merupakan posisi dimana kita berada.
2. Altimeter yaitu aalat untuk menentukan ketinggian suatu tempat berdasarkan prbedaan tekanan udara.
3. Peta yaitu gambaran sebagian/ seluruh permukaan bumi dalam bentuk dua dimensi dengan perbandingan skala tertentu. Jenis- jenis peta terdiri dari peta tknis, peta topografi dan peta ikhtisat/geografi/wilayah. Bagian-bagian peta antara lain judul, nomor,koordinat,skala, kontur, tahun pembuatan, legenda dan deklinasi magnetis.
4. Protraktor (busur derajat)yaitu sebuah alat yang digunakan untuk membentuk dan menentkan sudut
5. Alat tulis
6. GPS ( Global Positioning System) yaitu system radio-navigasi global yang terdiri dari beberapa satelit dan stasiun bumi. Fungsinya adalah menentkan lokasi, navigasi 9 menentukan satu lokasi menuju lokasi lain), tracking ( memonitor pergerakan seseorang/ benda), membuat peta di selruh permukaan bumi dan menentkan waktu yang tepat di tempat manapun.

MENENTUKAN ARAH TANPA NAVIGASI
Selain mengguanakan alat-alat navigasi, kita juga dapat menggunakan arah mata angin dengan tanda-tanda alam dan buatan, yaitu:
- tanda-tanda alam yaitu matahari, bulan dan rasi bintang
Menentukan bayangan matahari
Cari batang kayu yang relative lurus sekitar 1 meter panjangnya, tali dan batu yang agak besar. Kemudian tancapkan batang kayu di daerah yang datar dan agak lapang. Ujung tali diikatkan pada ujung kayu dan ujung yang satu lagi diikatkan pada batu.kemudian rentangkan tali tersebut. Tandai bayangan dari batang, tunggu sekitar 20 menit, tandai lagi bayangannya jika sudah berubah dan tandai lagi dengan batu. Hubungkan titik pertama dan kedua dengan garis lurus sehingga dapat menentukan rah barat pada titik pertama dan arah timur pada titik kedua. Utara dan selatan mengikut saja.
Menentukan dengan patokan bulan
Lakukan saat bulan purnama , jika permukaan bulan memperlihatkan bayangan kehitaman dan berkumpul pada satu sisi maka disanalah arah utara.
Jika keadaan blan tidak utuh perhatikan saat bulan pertama kali muncul, jika saat matahari belum tenggelam maka bagian yang terang adalah barat, jika saat lewat tengah malam baru muncul maka bagian yang terang adalah timur.
Menggunakan rasi bintang
Zaman dahulu biasanya orang-orang yang melakukan perjalanan biasanya menggunakan rasi bintang sebagai arah penunjuk perjalanan. Menggunakan rasi bintang crux ( salib). Jika suatu titik dihubungkan dengan titik yang lain kemudian buat garis diagonal imaginer sepanjang 4-4,5 kali nya dan hubungkan dengan horizon bumi maka dapat kita tentukan arah selatan. Selain itu arah timur dapat kita tentkan dengan melihat planet venus sebagai acuan, planet venus ditandai dengan bintang yang bersinar paling terang disaat fajar.
- tanda-tanda buatan yaitu masjid, kuburan dan kompas sendiri dari jarum/silet yang bermagnet dan diletakkan di atas permukaan air
- flora-fauna:
tajuk pohon yang lebih lebat biasanya berada di sebelah barat
lumut-lumutan Parmelia sp. dan Politrichum sp. biasanya hidup lebih baik (lebat) pada bagian barat pohon
tumbuhan pandan hutan biasanya cenderung condong ke arah timur
sarang semut/serangga biasanya terletak di sebelah barat pepohonan.

Salam Kemanusiaan

No comments:

Post a Comment